Special for Baby...

Saturday, December 20, 2008

Minta tolong konsultasi

Saya seorang ibu rumah tangga, suami saya seorang wiraswasta, jadi dalam 1 hari kami selalu bertemu juga dengan anak-anak kami karena pekerjaan kami di rumah. Saya mempunyai 2 orang anak perempuan, yang pertama berumur 5 tahun dan yang kedua berumur 1 tahun. Yang ingin saya konsultasikan adalah mengenai anak saya yang pertama. Anak saya yang pertama sejak bayi mengalami gangguan tidur dan makan. Dia tidak minum asi. Jam tidurnya rata-rata dimulai pukul 12 ke atas, padahal dia tidak pernah tidur siang. Dulu juga pernah kami atur jam tidurnya dengan cara dibangunkan jam 7 dan dipaksa tidur siang jam 2 - 3 sehingga jam tidur malam bisa sekitar jam 10-11, tapi tidak berlangsung lama karena susah sekali membangunkan dan menidurkannya. Pernah dia tidur jam 5 sore dan bangun jam 7 malam terus sampai pagi tidak tidur lagi sampai malam. Jam tidurnya mulai berubah sejak kelahiran adiknya (baru 1 tahun ini) . Dia bisa tidur jam 9 malam. Anak saya ini mempunyai ketakutan terhadap lingkungannya . Jadi dimanapun dia berada dia tidak bisa menikmati suasana bermain, karena kadang menangis sendiri, kalau saya tanya dia menjawab takut sama papanya si D , besoknya lagi takut sama temannya si A. Dia juga mempunyai trauma sama ayam dan burung karena pernah kaget tantenya berteriak waktu ada ayam masuk ke toko. Jadi kalau saya ajak jalan-2 dia jadi sibuk melirik ke kanan dan ke kiri takut kalau ada ayam. Kalau naik motor juga tidak mau , maunya naik mobil. Anak saya ini juga ada keterlambatan berbicara, baru umur 4 tahun ke atas lancar berbicara. Jadi Bu, saya sekarang ini sedang bingung soalnya sekarang juga tidak mau sekolah , kalau pagi pasti bertengkar dulu baru mau berangkat. Dulu waktu playgroup dia bisa menikmati sekolah , sekarang waktu tk a dia sama sekali tidak bisa menikmati. Seluruh kegiatan ekskul juga saya hentikan karena saya takut kalau dia tidak senang malah tambah stress. Kalau saya tanya jawabannya juga begitu takut sama papanya temannya. Bu , apakah anak saya ini ada kelainan ? Padahal kalau bermain dengan pembantu di rumah dan sepupunya dia senang sekali . SAya sampai bingung soalnya akhir-2 ini jadi pemarah dan tdk bisa dibilangi serta suka membantah. Anak saya juga punya riwayat alergi pernapasan pada tahun 2007 bulan Juni dan baru membaik sekarang ini. Tapi untuk pertumbuhan badan dia normal (beratnya 20kg) , bisa mewarna dan menulis huruf a-z.
Minta tolong dijawab Bu.
ATas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Jawab:
Ibu, terima kasih perhatiannya. Bu, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai "gangguan tidur" pada anak. 1) Mulai usia berapa ibu merasakan "gangguan tidur" pada anak? Bagaimana dengan jadwal tidur anggota keluarga lainnya? Apakah anggota keluarga tidur di atas jam 12 malam, mengingat ibu & bapak berwiraswasta di rumah? Lalu, setelah adik bayi lahir anak pertama ibu "bisa tidur teratur". Apakah karena melihat adik bayi tidur, dia ikut tidur? 2) Selanjutnya tentang "ketakutan pada lingkungan". Apakah ibu/anggota keluarga terkadang menakut-nakuti anak pada satu objek tertentu? Apakah ibu/anggota keluarga sering mengajak anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar? Pernahkah ibu mengamati bagaimana anak bermain dengan teman di lingkungan rumah? Pernahkah ibu mengamati bagaimana perlakuan orang lain terhadap anak ibu ketika bermain? Pernahkah ibu bertanya, hal apa dari seseorang yang membuat anak "takut" terhadapnya, misal: suara, atau badan, dll. 3) Mengenai anak yang "tidak mau naik motor". Pernahkah ibu bertanya pada anak, mengapa ia tidak mau naik motor? Apakah anak juga takut naik tangga atau takut terhadap ketinggian? Maukah anak naik sepeda roda 4 atau roda 2? Jika anak mengalami masalah dengan ketinggian atau masalah dengan aktivitas yang memerlukan keseimbangan, mungkin anak ibu membutuhkan beberapa terapi. Silakan konsultasi pada dokter spesialis anak bagian tumbuh kembang yang ada di kota ibu berdomisili 4) Mengenai anak yang "pemarah" dan "membantah", tanyakan pada anak, apa yang membuatnya marah? Pernahkah ibu meminta anak untuk melakukan suatu hal dengan cara membentak? Pernahkah ibu meminta anak untuk melakukan suatu hal sedangkan anak sedang mengerjakan hal lain yang belum diselesaikannya? Pernahkah ibu meminta anak mengerjakan suatu hal, padahal anak dalam keadaan lelah/capek?. 5) Selanjutnya "Anak yang tidak mau sekolah": Bagaimana hubungan ibu dengan pihak sekolah? Pernahkah ibu mengamati kegiatan anak selama di sekolah? Pernahkah ibu bertanya kepada guru mengenai perkembangan perilaku atau akademik anak/anak yang lain? Tanyakan pada anak, apa yang membuat dia takut/tidak mau sekolah?. 6) Anak ibu pernah terlambat bicara. Kapan mulai terdeteksi? Apa yang ibu lakukan sehingga anak lancar berbicara? Apakah mengikuti terapi wicara?. Jadi, ketika anak kita mengalami masalah, tanyakan pada anak mengapa hal demikian bisa terjadi padanya? Lalu, ibu/bapak juga mengevaluasi kembali tentang pengasuhan pada anak, dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Ingat juga bu, jika bertanya atau memberikan nasihat pada anak, bicara dengan jelas, to the point, kalimat positif, lemah lembut, mau menyimak cerita anak, dan seimbangkan memberi hadiah/pujian dan "hukuman" pada segala hal yang telah diperbuat oleh anak. Jika demikian, semoga masalah dapat teratasi. Demikian saran dari saya, semoga bermanfaat. SALAM KELUARGA INDONESIA.

No comments:


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...