Special for Baby...

Saturday, July 19, 2008

Tentang Autis

Salam kenal.
Saya awam dalam Autis tapi kok akhir-akhir ini banyak berita tentang Autis? Apakah Autis itu? dan mengapa semakin banyak terjadi kasus-kasus anak Autis di Indonesia? Bagaimana cara mengetahui anak kita Autis? Demikian mohon dibantu karena saya awam dalam bidang anak-anak. Terima kasih

Jawaban:

Ibu ana, terima kasih atas waktunya membuka situs kami. Autis akhir-akhir ini memang semakin meningkat, istilahnya “booming”. Sebetulnya dari tahun 1940 an sudah ada, hanya di Indonesia baru dikenal tahun 1990an. Autis adalah ganguan perkembangan pada anak yang ditandai dengan gangguan dalam bidang interaksi, komunikasi, dan perilaku yang dapat terdeteksi sebelum usia 3 tahun. Gangguan perilaku misal: menangis tanpa sebab, berteriak tanpa sebab, memainkan mainan tidak sesuai fungsinya. Gangguan komunikasi misal: terlambat bicara, mengoceh tapi tidak dapat dipahami. Gangguan interaksi misal: lebih senang menyendiri, asyik bermain sendiri. Penyebab autis belum diketahui secara pasti, tetapi diperkirakan: genetik, saat hamil ibu keracunan logam berat (merkuri yang mencemari laut, lalu mengenai makanan laut), dan yang mash kontroversi adalah vaksin MMR (Mumps, Measle,Rubella).Autis sebenarnya dapat terdeteksi dari 0 tahun, misal usia 0-6 bln: jarang kontak mata. usia 6-24 bulan: tidak berupaya menggunakan kata-kata, menolak makanan keras, tidak mengunyah.Usia 2-3 tahun: menolak dipeluk, cuek terhadap orang tua. Usia 4-5 tahun: membeo (menulang-ulang apa yg dikatakan orang lain), merasa terganggu jika rutinitasnya berubah. Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

Salam, Nurul Khasanah.

3 comments:

Rumah Autis said...

Makasih atas informasinya. insya allah kami akan maksimalkan blog ini sebaik-baiknya

Unknown said...

Assalamualaikum

Bu saya mau nanya tentang masalah dlm diri saya sendiri.semenjak saya umur 4-6 tahun(TK),saya tidak bisa bergaul sama sekali,selalu menyendiri,bahkan tidak bisa bicara sama sekali,saya selalu diejek & dihina oleh teman2 saya.saya gak tau kenapa kok saya begini.SD pun sama juga saya suka diejek & diolok2 oleh teman2 saya karena saya tidak bisa bergaul sama sekali.Hingga SMA keadaan saya begini juga.saya mencoba buat bergaul tetapi setiap saya mencoba bicara dgn teman saya,teman saya langsung menjauhi saya karna bicara saya gak nyambung.Hingga kuliah saya hanya punya 2 teman akrab dan itupun jarang ketemu & masih diolok2 oleh teman.

Saya merasa frustrasi & depresi akhirnya saya bergabung dgn suatu website yg dikhususkan untuk anak2 seperti saya.Bu apa saya autis,bagaimana mengatasinya?
Tolong dibalas,Terima Kasih…

Joy Dany said...

Selamat malam, Bu..

Banyak sekali ilmu dunia kesehatan (khususnya mengenai kesehatan anak) yang saya temui di blog ini. Mudah-mudahan saja blog ini ke depannya akan terus melahirkan ilmu/informasi baru bagi khalayak umum, amin..

Salam hormat dari saya, Bu.
http://joys-inspiration.blogspot.com/
(DANY)


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...