Special for Baby...

Saturday, July 19, 2008

Masalah Buang Air Anak...

Selamat sore,
Saya ibu dari putri saya Violetta (21 bulan). Vio kesulitan pup udah beberapa minggu terakhir. Sepertinya dia trauma dikarenakan pernah mau pup tapi susah keluar dan saya paksa untuk jongkok (tatur-bahasa jawa) supaya bisa keluar dan akhirnya dengan posisi itu vio bisa pup. setelahnya dia tidak mau jongkok, pasti dengan berdiri kalo pup. dia sering menangis, sepertinya sangat kesakitan, apalagi udah 3x ini pupnya dibarengi dengan keluar darah. sudah saya coba dengan minum Olive oil (saya pernah baca di salah satu web), kalo sehari pup tidak ada darah keluar dan tidak terlalu kesakitan, tapi kalo udah 2 or 3 hari baru pup, dia sangat kesakitan. sudah saya coba merayu nya dengan segala cara tapi tidak mau pup tiap hari dan posisi jongkok or duduk. Yg ingin saya tanyakan :
- apa yang harus saya lakukan supaya bisa pup tiap hari? dia tidak suka pepaya maupun buah lainnya. dia masih maem bubur dan sampai skrg belum bisa makan makanan padat. sebelum umur 1 tahun dia opname 3x diagnosa infeksi pencernaan. dia hanya mau jus mangga yang instan.
-apa bahaya nya kalo pup disertai darah? apakah bisa menyebabkan ambeien?
-bagaimana caranya supaya dia bisa makan makanan padat?
Mohon bantuannya karna saya tidak tahu harus bagaimana lagi, saya tidak ingin kasih anak saya dengan obat untuk melancarkan pupnya. saya ingin dia bisa pup secara alami.
Terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.

Jawaban:

yth ibu anita, saya turut prihatin dengan keadaan putrinya yang berusia 21 bulan kesulitan pup & pernah keluar darah. menurut saya putri ibu sebaiknya dibawa ke dokter anak dengan reputasi yang baik.Tapi saran saya bisa ibu coba di rumah. Yaitu untuk buah tidak harus pepaya, biarkan anak memilih buah kesukaannya, misal pear, strawberry, atau apel, yang penting dia tertarik dulu dengan buah. Jika tidak suka buah bisa dengan membuat jus kesukaannya & dituangkan dalam wadah yang menarik, misal gelas dengan tokoh kartun kesukaannya. Ingat juga bu, keluarga di rumah seperti ayah, ibu, adik atau kakak atau anggota keluarga lainnya juga dibiasakan makan buahatau minum jus karena biasanya anak-anak itu meniru. Dan juga dengan anak-anak itu harus sabar, karena belajar itu sesuatu yang membutuhkan proses. Hal lainnya agar anak mau makan makanan padat adalah dengan memberikan variasi makanan semenarik mungkin. Misal membuat pizza dari roti, nugget ikan, atau perkedel kentang + daging cincang. Makanan tsb coba dihidangkan dengan cara yang menarik juga misal nugget ikan ditempatkan dalam piring yang ada tokoh kartun kesukaan anak. Ingat setiap anak mau makan beri dia pujian (”wah, kamu hebat” atau “wah, hari ini mama senang kamu bisa makan nugget kesukaan kamu” ;) dst. Atau pelukan juga bisa diberikan pada anak.Dan penting juga peran anggota keluarga. Selamat mencoba, pantang menyerah, & semoga berhasil. terima kasih

1 comment:

obengqio said...

maaf saya dengan bambang 25th
saya mau minta tolong mengenai kenapa anak saya dalam bebrapa hari ini buang air nya berwarna hijau apak itu baik2 aja ( normal ) atau seperti apa? soalnya ini anak pertama kami dan dia laki2 5bl umurnya..saya harap bisa di bantu dengan permsalahan yang saya hadapi. oh ia anak saya pernah beberapa kali di beri makanan bayi tetapi setelah makan itu tidak terjadi apa yang aneh malah setelah beberapa hari mahkan minggu baru terlihat buang air kecil tersebut berwarna hijau, kemudian anak saya juga telah tumbuh gigi susu di bagian bawahnya sehingga anak saya sering gigit tangan sendiri.salam kenal n terimaksih atas waktu n perhatiannya...


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...