Special for Baby...

Thursday, July 3, 2008

Pertanyaan dari Seorang Ibu...

Selamat Siang ,
Saya ibu dari putri saya A.A Novira Pujawati (30 bln) Sekarang Ini Saya Punya masalah Kenapa anak saya belum bisa Bicara dan setiap saya ajarkan untuk megucapkan sesuatu pasti hanya ter senyum , sekarang ini putri saya hanya mampu mengucakan mama , ela , dsb hanya berapa kata saja , tetapi kalau disuruh untuk mengambil sesuatu dia mengerti dan anak saya suka menonton tv , biasanya kalau menonton dea merespon tepuktangan , atau menari ,. yang saya tanyakan ada apa dengan anak saya apa ada kelaina soalnya anak seumurnya sudah pada pintar bicara , apa anak saya bisu ? Apakah ada kemungkinan bisa untuk bicara ? saya moho bapak /ibu sudi untuk memberi informasi kepada saya

(sumber:www.konsultasikeluarga.wordpress.com)


Jawaban:

Terima kasih atas kepercayaan ibu komang prastika aryanti kepada saya. Ibu, anak usia 30 bulan umumnya sudah dapat berbicara 3 kata, misal “mau minum susu”. Putri ibu tampaknya tidak mengalami hambatan dalam bahasa reseptif (pemahaman), dari keterangan ibu,ia mengerti jika diminta untuk mengambil sesuatu. Hambatan putri ibu tampaknya dalam bahasa ekspresif (pengungkapan) Saran saya: banyak-banyaklah anak diberi rangsangan dan diajak komunikasi 2 arah setiap saat secara teratur, misal saat mandi, anak diajak bernyanyi lagu “mandi pagi kalau biasa”, dst, atau saat akan memakai sepatu, anak diajak bernyanyi”tuk tuk ada sepatu” atau lagu apapun. yang ibu/pengasuh bisa. Kurangi menonton TV, karena itu bersifat satu arah. Jika hal-hal tersebut kurang berhasil, ibu bisa konsultasi pada psikolog anak atau dokter spesialis anak yang ada di kota ibu, pada bagian tumbuh kembang untuk dilakukan pemeriksaan tertentu. Terima kasih. Salam, Nurul Khasanah, AMd. OT (Pediatric Occupational Therapist)

No comments:


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...