Special for Baby...

Sunday, October 26, 2008

Anak sekolah PG

Yth. Ibu Nurul,

anak saya seorang putri berusia 3 thn. dari usia 2,5thn sudah saya masukkan ke PG. awal sekolah dulu sampai sekarang dia masih semangat berangkat sekolah. tapi akhir2 ini dia malas sekali berangkat sekolah. hal ini saya yakini karena dia selalu tidur larut malam (jam 11 - 12an), jadi klo dibangunkan pagi hari dia selalu bilang "aq ndak mau sekolah, masih ngantuk...." atau "aq mau sekolah tapi ndak usah mandi...".
yang ingin saya tanyakan adalah : apakah pada anak seusia dia kita harus membiarkan saja sesuai mood dia (malas) atau harus kita paksa supaya tetap mau sekolah?
bagaimana efek-nya terhadap perkembangan dia selanjutnya?
sebelumnya dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

salam,
Wanti-Semarang

Jawab:
Ibu, mengapa putrinya tidur larut malam? Apakah ia menunggu jadwal tidur ibu/ortu sampai larut malam? Apakah ia menonton sampai larut malam? Atau ada hal lain? Anak-anak sebaiknya tidur 8-10 jam sehari, hal ini baik untuk pertumbuhan fisik & perkembangan mentalnya. Wajar saja putri ibu masih mengantuk ketika dibangunkan untuk pergi ke sekolah, karena jam tidur yang kurang. Sebenarnya membiarkan anak sesuai mood atau memaksa adalah hal yang kurang baik. Yang baik adalah mengatur jadwal tidur yang cukup untuk anak, agar anak dapat bangun pagi, sarapan, dan berangkat sekolah. Dengan demikian sedari usia dini anak mengetahui aturan & disiplin waktu. Sebaiknya jika ibu mempunyai kesibukan sampai larut malam, tidurkan anak terlebih dahulu agar waktu tidurnya cukup. Dengan begitu, anak dapat beraktivitas di sekolah dengan senang. Demukian saran dari saya, semoga bermanfaat. SALAM KELUARGA INDONESIA

1 comment:

uniq said...

selamat pagi....saya single parents memiliki dua orang anak usia 12 tahun ( kelas 6 SD ) dan 11 tahun ( kelas 5 SD ),waktu saya untuk mereka sangat minim karena bekerja, sehingga perhatian yang saya berikan kurang sekali, dan ini berdampak pada anak kedua saya yang memiliki kelemahan tidak bisa konsentrasi pada pelajaran dan sering menggganggu teman2nya...dan berita terakhir yang saya dapati anak saya bersama beberapa temannya mencuri mainan di sebuah toko..yang membuat saya sangat shock. saya butuh cara penanganan yang terbaik buat dia tanpa menyakiti dia ataupun diri saya


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...