Special for Baby...

Saturday, October 18, 2008

Anakku histeris

Salam kenal,
Saya bunda dari putri yang bernama Naura (24bln), ingin menanyakan tentang sifat putri saya yang selalu berteriak histeris klo kita ajak dia ke setiap tempat yang belum pernah dia kunjungi, spt ke bank, ke rumah saudara, ke tempat resepsi, bahkan masuk ke ATM pun dia histeris, dan sama sekali tidak mau masuk ke tempat tsb, padahal putri saya itu termasuk anak yang tidak cengeng, buktinya klo dia jatuh dimanapun sampe berdarah sekalipun dia tidak pernah menangis, paling menangis sebentar tanpa histeris.
Kira-kira apa yang terjadi dengan anak saya?kenapa dia bersikap begitu sangat histeris?padahal kita selalu membiasakan mengajak dia kemanapun kita pergi, dan hal itu terjadi baru akhir-akhir ini, kadang saya suka bingung dan malu dengan apa yang dia lakukan, apa yang harus kami lakukan agar putri kami tidak seperti itu dan bersikap seperti anak yang lainny.
Terimakasih,
Rini Damayanti
Bundanya Naura

Jawab: Terima kasih atas kepercayaannya. Ibu, setiap anak memiliki karakter yang berbeda, walaupun kembar. putri ibu yang "histeris" ketika berada di tempat baru bisa terjadi karena: itu merupakan reaksi kekaguman dia terhadap suatu tempat yang baru dikunjunginya, atau dia sebelumnya memiliki pengalaman yang buruk tentang tempat tsb ketika bersama orang lain selain ibu. Ibu perlu cari tahu penyebabnya. Yang sebaiknya ibu lakukan ketika menghadapi "histeris" anak adalah tenangkan diri anak dengan cara digendong atau dipeluk agar dia merasa aman dan nyaman, hindari sikap ibu memarahi atau membentaknya. Beri dia penjelasan sederhana, misal: : "Naura, saat ini kita di rumah (...) disini banyak mainan, nanti Naura bisa main". Ingat bu, anak butuh proses dan waktu dalam beradaptasi dengan tempat baru. Jadi, ibu harus sabar dalam menghadapinya. Demikian saran dari saya, semoga bermanfaat dan berhasil. Tks.

No comments:


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...