Special for Baby...

Sunday, November 30, 2008

Ada apa dengan anakku?

selamat pagi bu.
Bu ...anak saya 5 tahun , sudah masuk tk , kebetulan saya dan bapaknya bekerja di luar kota dan meninggalkan anak saya dlm asuhan nenek dan budenya di kampung . yang membuat saya bingung , resah dan kadang merasa bersalah , pola dan tingkah laku anak saya berubah , menjadi manja, pendiam , dan jarang mau bicara bila saya atau bapaknya telphon . dan yang membuat saya bingung lagi , akhir - akhir ini di sekolahnya terlihat bandel , suka bercanda , dan bertingkah semaunya sendiri tidak takut sama gurunya .
bu... apakah masih di ambang perilaku yang normal kelakuan anak saya tersebut , dan bagaimana solusinya agar anak saya bisa kembali menjadi anak yang penurut seperti semasa dalam asuhan saya ?
apakah ada pola asuh yang salah , mengingat dia selalu dimanjakan oleh nenek nya ?
Trimakasih atas jawabannya.

Jawab:
Ibu yang sedang resah, sebelumnya saya mau tanya dulu. Apa pertimbangan ibu & bapak menitipkan anak pada nenek/bude di kampung? Bagaimana sebelumnya pengasuhan ibu & bapak terhadap anak? Apakah ketika ibu & bapak menitipkan anak sudah dipikirkan keuntungan dan kerugiannya? Apakah ibu & bapak mengkomunikasikan pada nenek tentang harapan ibu terhadap anak yang diasuh oleh keluarga di kampung? Bagaimana hubungan bapak/ibu dengan ibu/mertua/bude di kampung? Menurut ibu, bagaimana nenek "memanjakan" anak ibu? Apakah ibu pernah bertanya pada nenek, mengapa pengasuhannya demikian? Dan pernahkah ibu mengatakan pada nenek/bude tanpa membuat mereka merasa digurui, bahwa mengasuh yang baik seperti apa? Bagaimana hubungan ibu/mertua/bude dengan pihak sekolah? Baik, apapun jawabannya, dalam mengasuh anak sebaiknya ada kesamaan pola asuh antara pihak-pihak yang terlibat dalam pengasuhan anak (ada kerja sama antara ibu, bapak, nenek, kakek, bude, pengasuh, guru, dll). Anak yang diasuh dalam pola yang berbeda, maka anak cenderung akan memilih pola asuh yang disukainya saja atau yang menguntungkan si anak saja. Bisa juga menjadi anak yang semaunya sendiri. Sejak dini anak harus diberi tahu mana perilaku yang baik dan mana perilaku yang buruk, dan setiap perilaku yang baik akan mendapatkan "hadiah" dan perilaku yang buruk akan mendapatkan "hukuman". Tidak ada kata terlambat dalam mengubah perilaku anak jika orang tua ingin anaknya berperilaku seperti norma yang berlaku di masyarakat. Kuncinya adalah komunikasi yang sehat antara pihak-pihak yang terlibat dalam pengasuhan anak, kesamaan pola pengasuhan antara pihak-pihak yang terlibat. Semoga bermanfaat. SALAM KELUARGA INDONESIA

No comments:


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...