Special for Baby...

Friday, September 5, 2008

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1429 H

1 comment:

hansin said...

Dear Mb Nurul ,

Nama saya Hans

Saya mau minta pendapat dan saran Mb dan rekan rekan lain

Anak saya umur 23 bulan laki laki dah bisa jalan umur 15 bulan ,, 3 bulan lalu belum bisa bicara (waktu umur 20 bulan), tapi umur 6 - 9 bulan dah ngoceh kadang tapi gak jelas.. dia selalu nonton TV dan film2 education dari umur 5 bulan durasi nonton bisa 5 s.d 6 jam sehari , apabila merengek atau nangis nonton TV langsung diam ,,

Anaknya waktu nonton TV cuek habis,, dipanggil gak noleh. 3 bulan terakhir kita stop total TV dan stimulasi dengan cara mengucapkan kata kata setiap benda atau mainan yang dipegangnya , terus gambar gambar binatang ,buah,dll..yang dulu gak pernah kita lakukan. Di bulan kedua dia mulai bisa mengungkapkan beberapa suku kata seperti oti (roti) , su (susu), gi(pergi), am ( mamam) ,dan ini diucapkan dengan melihat benda yang dituju atau situasi yg pas(mis bilang egi ketika mau diajak pergi).Tapi kadang bicaranya suka diulang mis : cu cu cu ,, egi egi egi , am am , oti , oti .

Bulan ketiga dia mulai bisa mengucapkan beberapa kata kata baru tapi mulai lengkap seperti api ketika mengambil kembang api , bilang dada sambil melambaikan tangan dan melihat orang yg dituju tapi ngomongnya masih berulang seperti.. da da da da,.. api api.., bilang ..kan waktu lihat ikan , bilang..cing waktu lihat kucing ,,Dah bisa ngoceh ma ma , pa pa dengan intonasi jelas , tapi manggil kadang kadang mau kadang gak.

Setelah kita ajarkan tiap hari ,,dia juga mulai bisa menunjuk gambar buah atau binatang kalau kita tanyakan mis : saya buka buku dengan 2 gambar anggur dan pepaya ,terus tanya pepaya mana dia akan tunjuk pepaya , nunjuk gambar ini seringnya dia mau lakukan sambil minum susu..tapi dia gak mau diulang dan jawab ke 2 x apabila diajukan pertanyaan yg sama.Dia juga bisa tunjuk hidung pa pa , telinga , mata , kalo ditanya , tapi kalo bagian tubuh dia sendiri malah dia gak mau nunjuk.

Yg jadi masalah kalo dipanggil dia akan menoleh kalo ada maksud yg dituju dalam panggilan , misnya kamu mau pergi naik mobil ,atau kamu mau minum susu, maka dia akan langsung noleh dan nyamperin pintu depan atau tempat tao kaleng susu, tapi kalo cuma dipanggil namanya doang kadang noleh kadang gak ,, tapi kalo orang baru yg datang ke rumah manggil namanya dia akan langsung lihat dan perhatikan org tsb sambil malu malu kadang ngumpet ngelirik lirik.atau dipanggil orang di jalan akan melihat/ menoleh langsung.

Instruksi yang kita minta sperti dada , kiss bye , salam , tos ,kasi bola ini ke mama , ke papa , ke oma, sering dilakukan gerakannya sambil melihat orang dituju..hanya beberapa kali diajarkan bisa dah disuruh buang sampah ke tempat sampah, taro botol susu diatas meja ,langsung ambil gayung dan botol sabun kalo dibilang ayo mandi ! Kalo mau sesuatu masih menarik tangan orang utk meminta tapi sambil menatap , atau mengambilkan benda misalnya ambil gelas kasi susternya , minta diisikan air, sekarang bahkan dia dah bisa pencet dispenser dan isi air di gelas , lalu meminumnya sendiri tanpa disuruh,karena semua benda tsb bisa dijangkau oleh tangannya

Tidak ada perilaku berulang ulang , hanya kalo gembira dia ketawa sambil mengepakkan kedua tangan , mau disuruh duduk kalo diperlukan mis pada saat makan atau bermain,bahkan bisa duduk tenang sambil makan selama 20 menit sambil pegang buku atau mainan

Anaknya aktif tapi tidak merusak , lari kesana sini , ke kamar , ke kulkas , nyari benda benda baru
Kalo diajak menyanyi suka sekali dan melihat mata orang dengan berbinar binar dan tertawa bahkan bisa mengikuti gerakan topi saya bundar walau kadang2 salah walaupun dia belum bisa mengikuti dengan suara.

Perhatiannya dalam bermain masih agak rentan , paling menghadapi suatu objek atau benda yg sekitar 3 menit paling lama ditinggal..kecuali mainan tertentu , contoh dia suka nyusun keatas kotak obat atau kaleng sampai tinggi dengan berbagai variasi dan berbagai cara tanpa diajarkan.
Dan setelah dia berhasil melakukan atau menyusun kaleng atau kotak tsb dia akan tepuk tangan lihat ke kita seperti mengungkapkan keberhasilannya , tapi disela sela itu kadang masih bisa dialihkan perhatiannya mis ada insert , kamu mau roti gak ? sambil dilihatkan roti dia akan langsung beralih nyamperin ambil kue tsb

Kontak mata termasuk bagus ,,sering melihat orang tapi kadang cuek juga , kalo meminta sesuatu sambil narik tangan dia akan merengek kalo gak dituruti sambil melihat orang yg ditarik tsb.


Dr berbagai kejadian di rumah saya berkesimpulan dia punya daya ingat yg kuat dan pemahaman yg baik kalo diajarkan dengan contoh atau diberikan instruksi ,, tapi agak kesulitan komunikasi dalam bentuk verbal , lebih banyak pake bahasa isyarat tarik tangan dll.

Hub emosi dengan keluarga dan pengasuh cukup baik,, dia akan nyamperin mamanya begitu pulang kerja,,kalo lagi mandi gedor gedor pintu minta mamanya keluar.tapi dengan anak sebaya dia kelihatan cuek aja gak perduli kadang.

Menurut ibu apakah speech delayed anak saya perlu penanganan khusus atau ada gejala autis gak ?? karena selain kata kata yg sesuai konteks tadi dia juga banyak bahasa planetnya teriak gak karuan yg tidak kita mengerti,, kalo mengikuti DSM IV atau CHAT saya bingung analisa dan jawabannya,, menurut saya teori dan pertanyaan tsb gak tuntas dan detail, karena banyak sekali menurut saya anak anak normal yang kalo dicek bisa masuk ke kategori tsb.

Thanks atas jawaban sebelumnya bu..

Hans


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...